Starbucks Dewata: Gerai dengan Starbucks Reserve Pertama Di Bali Dan Terbesar Di Asia Tenggara

Starbucks Dewata: Gerai dengan Starbucks Reserve Pertama Di Bali Dan Terbesar Di Asia Tenggara

Di akhir tahun 2018 setiap melewati jalan Sunset Road, satu bangunan ini selalu menarik perhatian saya karna terlihat seperti proyek besar dan sangat serius.

Hingga terjawablah pada tanggal 12 January 2019 saat tempat ini akhirnya resmi dibuka, bangunan yang selalu menyita perhatian ini adalah Starbucks Dewata Coffee Sanctuary. Starbucks terbesar di Asia Tenggara!

Starbucks Terbesar Di Asia Tenggara

Lobby at Starbucks Dewata.

Kalau mendengar tentang Starbucks, yang sering teringat di kepala yaitu gerai yang ada di mall atau setidaknya kita sudah bisa membayangkan bentuk coffee bar, suasana dan arsitekturnya karna hampir seluruh gerai Starbucks punya standar style khas mereka.

Tapi Starbucks Dewata yang ada di Bali ini benar-benar berbeda dengan gerai-gerai lain.

Keseriusan Starbucks dalam membangun gerai terbesar di Asia Tenggara ini tidak tanggung-tanggung. Dalam mendesain arsitektur, hiasan, hingga interior-nya, Starbucks bekerja sama dengan banyak seniman dan artis Indonesia.

Tidak hanya style dan art terlihat indah, di dalam detailnya mereka juga menyisipkan filosofi.

Yang paling jelas, sudah pasti dari nama yang mereka pilih, Starbucks Dewata. Diusung dari sebutan Bali sebagai Pulau Dewata, pulau dari pada Dewa.

Filosofi lain yang paling menonjol juga dari logo Starbucks Dewata menggunakan bunga teratai, menyimbolkan keindahan, kemakmuran dan kesuburan. Bunga simbol dari Dewi Laksmi, salah satu Dewi yang paling dihormati.

Selain itu, masih banyak lagi detail yang mengandung folisofi. Kalau kalian, sudah ketemu yang mana saja?

Starbucks Dewata Coffee Sanctuary

Outdoor area at Starbucks Dewata.

Selain sebagai tempat ngopi, Starbucks Dewata juga mendesain bangunannya untuk sarana edukasi, mengenal proses pertumbuhan pohon kopi, pengolahan biji kopi, hingga akhirnya disajikan kedalam cangkir.

Di Starbucks Dewata, baik di indoor maupun outdoor kalian akan menjumpai pohon kopi yang mereka tanam dan penjelasan mengenai jenis dan asal pohon kopi ini. Di lantai 2, tersedia juga nursery room untuk merawat anakan pohon kopi hingga mereka cukup besar untuk di tanam di luar ruangan.

Terdapat juga ruangan animasi dimana kita bisa melihat bagaimana warga lokal mengelola biji kopi mereka secara tradisional.

Ngopi Di Starbucks Reserve Dewata

Starbucks Reserve Dewata.

Selain kopi bar normal Starbucks, disini juga terdapat Starbucks Reserve. Kalau di deskripsikan dengan singkat, Starbucks Reserve ini kualitas premium dari Starbucks, dari segi kualitas kopi, penyajian dan layanan!

Di beberapa bulan awal pembukaan, Starbucks Reserve Dewata mengundang barista kopi terbaik tingkat Asia mereka untuk berbagi ilmu dengan para barista di Dewata dan juga para pengunjung.

Saya ingat saat itu ada barista dari Filipina dan Korea yang sangat sering saya jumpai setiap kali datang. Sayapun tidak mau menyia-nyiakan kesempatan untuk belajar tentang kopi dari mereka.

Chemex Coffee at Starbucks Reserve.

Di Starbucks Reserve ini, barista kopi akan membuat kopi didepan kalian dan kalian bebas mengobrol dengan barista tentang kopi yang mereka sajikan.

Saya selalu pesan kopi manual brew dengan metode yang berbeda-beda untuk membandingkan rasanya. Setiap minggu mereka punya biji kopi berbeda-beda untuk menjaga kualitas kopi yang mereka sajikan. Tersedia biji kopi lokal maupun impor.

Penyajian kopi di Starbucks Reserve Dewata ini juga sangat cantik dengan gelas berwarna hitam, nampan kayu, kartu informasi tentang biji kopi, dan biskuit disampingnya!

Suasana Starbucks Dewata

Starbucks Dewata.
Indoor area at Starbucks Dewata.

Karna ukuran gedungnya yang sangat besar, Starbucks dewata memiliki banyak area yang bisa kalian pilih untuk bersantai, nongkong, ataupun meeting kerja.

Outdoor Area at 2nd Floor Starbucks Dewata.

Uniknya, masing-masing area menyajikan suasana yang berbeda. Di area outdoor di lantai bawah terdapat kursi berbentuk ayunan dan beberapa kursi kayu yang senada dengan pepohonan rindang diatasnya. Saat melewati pintu masuk, kalian akan langsung melihat meja bar panjang dari Starbucks reserve yang sangat oke untuk ngobrol santai. Lebih kedalam lagi, ada beberapa set sofa dan kursi yang cocok untuk grup lebih besar atau bersama keluarga. Di ujung ruangan, dan lantai atas lebih sering digunakan untuk para pengunjung yang sekaligus bekerja dari laptop, seperti saya. Terutama meja panjang dan ruangan perpustakaan yang menyediakan stop kontak.

Library Room At Starbucks Dewata.

Setiap hari Starbucks Dewata ini sangat ramai pengunjung, terutama di atas jam 11 siang dan semua jam di akhir minggu. Untuk kalian yang ingin bekerja lebih fokus atau ingin berfoto ria tanpa banyak orang di background foto, saya sarankan untuk datang lebih pagi.

Belajar Membuat Kopi

Selain informasi pengolahan kopi yang di pertunjukan di setiap ruangan, Starbucks Dewata juga menyediakan Coffee Making Class untuk kalian yang ingin tau lebih dalam lagi tentang penyajian kopi.

Kelas yang ditawarkan oleh Starbucks Dewata ini ada beberapa macam, contohnya pengenalan macam-macam biji kopi dan metode pembuatan, membuat latte, memadukan kopi dengan makanan, dan lain-lain.

Souvenir Starbucks Dewata

Souvenir Starbucks Dewata.

Para pengoleksi souvenir Starbucks pasti tidak ingin ketinggalan koleksi dari Starbucks Dewata. Selain tumbler Starbucks, Dewata juga memiliki souvenir khas mereka. Tidak hanya tumbler, mereka juga menjual mug, flashdisk, kaos, pulpen, dan lainnya.

Tentang Starbucks Dewata

  • Kebersihan baik. Mengecek suhu tubuh, menyarankan memakai masker, antiseptik di setiap sudut.
  • Ramah untuk pekerja. Tersedia stop kontak, dan kursi nyaman.
  • Bisa diakses dengan mobil. Tersedia ruang parkir luas.
  • Tidak nyaman untuk pengguna kursi roda. Harus melewati anak tangga dan terdapat beberapa celah berlubang.

Leave a Reply