You are currently viewing List Syarat Lengkap Masuk Singapura Tanpa Karantina Tahun 2022

List Syarat Lengkap Masuk Singapura Tanpa Karantina Tahun 2022

Akhirnya, baru-baru ini seperti kebanyakan negara-negara di Asia Tenggara, Singapura juga melonggarkan kebijakan untuk masuk ke negaranya bahkan tanpa karantina!

Kamu yang sudah rindu traveling dan sudah lama ingin berkunjung ke Singapura pasti juga sangat berantusias untuk tahu apa saja sih syarat masuk ke Singapura? dokumen apa saja yang harus disiapkan? dan bagaimana prosesnya?

Karena kebetulan minggu lalu saya berhasil berkunjung ke Singapura, saya bantu jawab pertanyaan kalian ya.

Berikut dokumen-dokumen yang perlu kalian siapkan untuk masuk ke Singapura tanpa karantina:

1. Paspor/Passport

Untuk perjalanan keluar negeri, tentunya kamu akan memerlukan passport sebagai identitas diri untuk memverifikasi identitas kamu saat memasuki sebuah negara.

Pastikan masa berlaku passport kamu tidak kurang dari 6 bulan saat memasuki Singapura.

2. Tiket Pulang-Pergi Singapura

Sebelum melanjutkan mengisi dokumen-dokumen yang diperlukan, pastikan kamu sudah memiliki tiket pulang-pergi Singapura karena data ini akan diperlukan saat mengisi formulir-formulir selanjutnya.

patung maskot Singapura Merlion
Patung Merlion di Singapura.

3. Bukti Vaksinasi

Untuk masuk ke negara Singapura tanpa karantina, kamu harus menunjukan bukti vaksinasi lengkap dan memverifikasinya lewat website pemerintah Singapura.

Lalu, berapa dosis yang diakui sebagai vaksinasi lengkap oleh negara Singapura?

Kamu akan dinyatakan sudah divaksin lengkap dengan hanya 1 dosis dengan jenis vaksin CanSinoBIO/Convidecia atau Janssen/J&J, atau dua dosis dengan jenis vaksin AstraZeneca, Covaxin, Moderna/Spikevax, Covishield, Novavax/Covovax/Nuvaxovid, Pfizer/BioNTech/COMIRNATY, Sinovac atau Sinopharm.

Pastikan bukti vaksinasi kamu sudah terupload di aplikasi Peduli Lindungi untuk nantinya diterjemahkan ke bahasa Inggis sesuai dengan standar WHO.

Setelah mendapat QR code bukti vaksinasi kamu sesuai standar WHO lewat aplikasi Peduli Lindungi, kamu hanya perlu mengisi formulir online dan melampirkan QR code tersebut lewat portal VCP sebagai bukti bahwa vaksin kamu sudah memenuhi persyaratan negara Singapura.

Vaccination Check Portal (VCP)

Potato head di Singapura tahun 2022
Potato Head di Singapura.

4. Mengisi Kartu Kedatangan 3 Hari Sebelum Keberangkatan

3 hari sebelum tanggal keberangkatan, kamu perlu mengisi Kartu Kedatangan Singapura atau SGAC lewat online portal dibawah ini:

Formulir SGAC

Formulir online ini akan menggantikan kartu kedatangan dan keimigrasian yang biasanya kita isi di dalam pesawat atau saat kedatangan di bandara.

5. Mendownload Aplikasi Trace Together

Sama seperti di Indonesia, Singapura juga memiliki aplikasi untuk memantau interaksi dan lokasi penggunanya sebagai langkah pecegahan tersebarnya virus COVID-19.

Sebelum keberangkatan ke Singapura, pastikan kamu sudah mendownload aplikasi Trace Together ya.

6. Traveling Dengan Anak Dibawah 12 Tahun

Kalau kamu travel ke Singapura dengan anak dibawah usia 12 tahun, anak tersebut akan mendapatkan perlakuan yang sama seperti orang tua atau orang dewasa yang travel bersamanya.

Jika orangtua sudah menerima vaksin lengkap, maka anak 12 tahun yang berpergian bersama juga berhak untuk travel bebas karantina.

The Jewel Singapore airport
The Jewel di Bandara Singapura.

Dari kunjungan terakhir saya di Singapura, meskipun tempat-tempat umum sudah dibuka kembali, banyak acara-acara yang melibatkan kerumunan orang, dan tidak perlu menggunakan masker di area terbuka (outdoor), negara ini masih sangat menjaga protokol kesehatan khususnya di dalam transportasi umum dan area tertutup.

Pastikan kamu tetap memakai masker saat memasuki ruangan indoor dan tidak makan dan minum di dalam transportasi umum ya.

Semoga perjalanan kamu ke Singapura menyenangkan! 🙂

Leave a Reply