Gudeg Sagan: Gudeg Khas Jogja Yang Ga Cuma Manis Tapi Juga Gurih

Gudeg Sagan: Gudeg Khas Jogja Yang Ga Cuma Manis Tapi Juga Gurih

Tidak hanya bangunan-bangunan bersejarah dan keramah-tamahan orang orangnya yang jadi daya tarik kota Jogja, barisan kuliner dari kota ini juga selalu sukses bikin kangen untuk balik lagi!

Salah satu yang paling dikenal sebagai makanan khas Jogja, yaitu Gudeg.

Sayangnya banyak orang dari luar Jogja merasa kalau makanan khas Jogja satu ini terlalu didominasi rasa manis. Agak membosankan kalau dimakan berturut-turut.

Karena itulah Gudeg Sagan saat ini sangat populer. Berbeda dengan gudeg-gudeg yang lain, Gudeg Sagan punya rasa yang lebih bervariasi dan juga gurih.

Salah Satu Gudeg Paling Terkenal Di Jogja

Setiap kali saya berkunjung ke Jogja, saya selalu menyempatkan untuk makan siang di Gudeg Sagan. Lokasinya tidak sulit untuk dijangkau karena sangat dekat dengan pusat kota.

Melihat kesekitar, pengunjung Gudeg Sagan ini kebanyakan para turis dari luar kota, seperti saya. Bahkan ada yang menyebutkan kalau mereka sengaja memilih liburan ke Jogja supaya bisa makan di Gudeg Sagan.

Kesuksesan Gudeg Sagan tidak dibangun hanya dalam satu malam. Berawal dari usaha kaki lima yang menumpang di depan toko orang lain, Gudeg Sagan pernah mendapat kesempatan untuk diliput oleh TV swasta yang akhirnya membantu membangun kepopulaeran mereka lebih cepat.

Tempat Makan Gudeg Paling Enak Di Jogja
Outdoor area at Gudeg Sagan

Saat ini, Gudeg Sagan bukan lagi makanan kaki lima tapi bertempat di bangunan yang cukup luas, bisa menampung sekitar 150 – 200 orang. Jadi meskipun selalu ramai pengunjung, saya tidak pernah kesulitan untuk mendapatkan kursi kosong. Bahkan baru-baru ini, Gudeg Sagan membuka cabang restaurant baru mereka di Jakarta.

Berlokasi Dekat Dengan Pusat Kota

Lokasi Gudeg Sagan DI Jogja. Tempat makan gudeg paling enak.

Kalau mau coba Gudeg Sagan, kamu tidak perlu kawatir harus berkelana ke pinggiran kota karena lokasi Gudeg Sagan cukup strategis, dekat dengan pusat kota, lebih tepatnya di daerah Caturtunggal – Sleman.

Trip terakhir saya di Jogja, dari hotel Porta by The Ambarrukmo ke Gudeg Sagan bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 5 menit.

Atau ikuti petunjuk Google Map menuju Gudeg Sagan.

Mencicipi Gudeg Sagan

Gudeg Khas Jogja yang Enak. Gudeg Sagan.

Menu favorit saya di Gudeg Sagan adalah Nasi Gudeg Krecek Paha Atas. Tidak seperti ayam di tempat gudeg lainnya yang manis karena direbus bersamaan dengan si gudeg, ayam di gudeg sagan punya bumbu sendiri yang sekilas terlihat seperti kare dengan rasa yang manis, asin dan gurih.

Rasa Gudeg Sagan yang ngga cuma manis tapi juga guris cocok untuk jadi oleh oleh khas Jogja
Condiments at Gudeg Sagan.

Tekstur ayamnya yang super lembut lebut, telur areh yang tidak terlalu manis, tempe-tahu yang pas, dengan akan mudahnya bikin kamu ketagihan.

Menu & Harga Gudeg Sagan

Daftar menu dan harga Gudeg Sagan di Yogyakarta
Menu Gudeg Sagan

Tentang Gudeg Sagan

  • Kebersihan baik. Mengecek suhu tubuh, menyarankan memakai masker, antiseptik di setiap sudut.
  • Dapat diakses dengan mobil. Tersedia ruang parkir.
  • Tidak dapat diakses dengan kursi roda. Akses masuk ke cafe melewati beberapa anak tangga.

Leave a Reply