You are currently viewing Cara Hemat Liburan Ke Bali: Tidak Harus Mahal Dengan 8 Tips Ini

Cara Hemat Liburan Ke Bali: Tidak Harus Mahal Dengan 8 Tips Ini

Siapa sih yang tidak ingin datang ke Bali? Bahkan orang-orang yang sudah sering datang ke Bali-pun masih ingin datang lagi dan lagi.

Sudah sangat lama Bali dikenal sebagai tempat wisata terbaik dan bahkan berkali-kali masuk kedalam deretan tempat wisata terbaik di dunia.

Meskipun Bali terbilang pulau yang kecil kalau dibandingkan dengan pulau-pulau lain di Indonesia, di pulau Bali terdapat aneka ragam wisata yang mampu menarik berbagai macam wisatawan lokal dan mancanegara dengan minat yang berbeda-beda.

Di satu pulau ini, kamu bisa menikmati indahnya pegunungan, bermain di pantai dari yang berpasir hitam sampai berpasir putih, mengunjungi puluhan air terjun, dan bahkan menambah wawasan tentang budayanya.

Sayangnya banyak orang yang ragu untuk datang karena takut biaya liburan yang bisa saja dengan mudah menguras kantong.

Tenang, liburan ke Bali tidak harus mahal kalau kamu mengikuti 6 tips ini:

1. Menghindari musim liburan

Musim liburan di Bali
Handara Gate in Bedugul.

Sama seperti destinasi wisata lainnya, di Bali penerapan harga berdasarkan musim liburan adalah hal yang wajar.

Kalau kamu tidak ingin menghabiskan banyak dana liburan maka berlibur diluar musim liburan adalah perencanaan yang terbaik.

Dengan berlibur diluar musim liburan kamu sudah menghemat sampai 25% dari harga tiket pesawat, kamar hotel, tiket masuk tempat wisata, dan rental kendaraan.

Selain lebih hemat, berlibur diluar musim liburan juga akan lebih menyenangkan karena lalu lintas dan tempat wisata yang tidak sepadat pada musim liburan.

2. Pesan akomodasi sebelum sampai di Bali

Booking akomodasi kamar di Bali
Puri Wulandari Resort in Ubud.

Saat berlibur, apakah kamu golongan yang langsung datang ke hotel dan reservasi di tempat?

Perencanaan yang seperti ini bisa buat kamu boros sampai 50% dari harga kamar yang bisa kamu pesan secara online loh!

Selain lebih murah, dengan memesan kamar secara online kamu juga bisa membandingkan banyak kamar-kamar lain dengan harga yang bervariasi dibandingkan harus mendatangi hotel satu persatu dan akhirnya memilih kamar yang lebih mahal dari perkiraan karena saking lelahnya.

Selain hemat biaya, memesan kamar secara online sebelum kamu sampai di Bali juga menghemat waktu yang bisa kamu pergunakan untuk menikmati liburan.

3. Pilih mode transportasi yang sesuai

Pantai Seminyak di Bali
Seminyak beach during sunset.

Di Bali mode transportasi apa ya yang paling hemat biaya?

Mode transportasi yang paling hemat biaya adalah mode transportasi yang bisa menyesuaikan dengan itinerary kamu.

Misalkan kalau kamu ingin menghabiskan banyak waktu untuk bersantai di hotel/villa yang sudah kamu pesan dan akan jarang berkeliling, maka kamu akan lebih berhemat memesan taxi atau ojek online.

Tapi kalau kamu ingin menjelajahi Bali, sesuaikan juga dengan daerah yang ingin kamu kunjungi. Misalkan, kalau kamu tinggal dan menjelajahi canggu saja, lebih baik menyewa motor daripada mobil karena jalanan yang sempit, macet, dan banyak tempat seperti cafe-cafe di Canggu tidak menyediakan parkir untuk mobil.

4. Cari tahu tentang minimal pembelanjaan

Saat melihat unggahan para instagram influencer yang berlibur ke Bali rasanya ingin mengunjungi tempat yang sama. Tapi perlu kamu ingat kalau banyak tempat-tempat hype di Bali ini menerapkan minimal pembelanjaan.

Misalkan di beberapa beach club kamu bisa masuk dengan minimal pembelanjaan 250,000 per orang atau saat ingin duduk di sofa dekat dengan kolam renang akan ada minimal pembelanjaan dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Jadi kalau kamu ingin menyelamatkan dana liburan, sebelum datang ke tempat-tempat cantik di Bali ini lebih baik cari informasi apakah tempat yang kamu ingin kunjungi menerapkan minimal pembelanjaan atau tidak.

Mengunjungi cafe cafe di Kintamani
Yomade cafe in Kintamani.

5. Berwisata kuliner lokal

Wisata di Bali itu tidak hanya tentang pantai atau cafe-cafenya yang cantik tapi juga kuliner lokalnya yang bisa buat kamu ketagihan.

Kuliner yang paling terkenal dari pulau Bali sudah pasti babi gulingnya. Tapi untuk teman-teman muslim, jangan takut dulu untuk mencoba kuliner lokal karena di Bali banyak juga tempat makan lokal yang halal, dijalankan oleh para pendatang yang berwirausaha di Bali.

Meskipun tidak semurah warung nasi di luar Bali, kamu bisa hemat banyak uang dibandingkan dengan makan makanan di cafe atau mall terus menerus.

6. Membeli souvenir di pusat perbelanjaan souvenir

Kecak dance di Uluwatu temple Bali
Kecak dance in Uluwatu temple.

Di setiap tempat wisata yang kamu kunjungi, pasti akan menemukan pedagang yang menawarkan souvenir yang lucu-lucu dan sayang untuk tidak dibeli.

Tapi jangan khawatir karena kamu bisa menemukan souvenir yang sama di pusat perbelanjaan oleh-oleh dengan harga yang jauh lebih murah.

Untuk menghemat uang, pastikan kamu menyiapkan waktu untuk mengunjungi pusat perbelanjaan oleh-oleh di dalam itinerary kamu dan tidak tergiur untuk membeli souvenir dari segala tempat wisata yang kamu kunjungi.

Leave a Reply